Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Dari sekian banyak adab sesuai Sunnah Rasullullah SAW di hari Jum’at, di sini gue bakal jelasin tentang Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi. Ada beberapa hadits yang dianggap shahih untuk baca Surat Al-Kahfi di hari Jum’at, di antaranya,

AL-KAHFI

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Kapan waktu pelaksanaannya (membaca surat Al-Kahfi)?

Pada hadits pertama, Rasulullah shallallahu’alayhi wasallam menyebutkan, “Membaca surat Al-Kahfi di malam Jum’at”. Sementara pada hadits kedua, Beliau menyatakan untuk “Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at”.

Yang di sini Beliau mengisyaratkan bahwa membaca surat Al-Kahfi dapat dilakukan selama 24 jam. Dimulai sejak terbenamnya matahari di hari Kamis sampai maghrib di hari Jum’at. Karena pergantian hari dalam Islam dimulai sejak terbenamnya matahari.

Al-Munawi menukil keterangan al-Hafizh Ibnu Hajar. Kata al-Hafizh Ibnu Hajar dalam kitabnya al-Amali,

Anjuran membaca surat Al-Kahfi ada di beberapa riwayat, ada yang menyatakan ‘hari Jum’at’, dalam riwayat lain ‘malam Jum’at’. Bisa kita kompromikan bahwa, waktu yang dimaksud adalah siang dan malam Jum’at.” (Lihat Faidhul Qadir 6/258).

Al-Munawi juga mengatakan,

Dianjurkan untuk membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at atau malam harinya, sebagaimana ditegaskan Asy-Syafi’i.” (Lihat Faidhul Qadir 6/257).

Berdasarkan keterangan di atas, tidak ada waktu khusus untuk membaca surat Al-Kahfi. Kita bisa membacanya selama hari Jum’at dengan memilih waktu yang paling longgar juga paling nyaman.

Terus, kalau tidak membaca secara keseluruhan (110 ayat), apakah mendapat keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi itu sendiri?

Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc, MA dalam BBG Majelis Hadits mengatakan,

Waktu dianjurkan membaca Surat Al-Kahfi dimulai dari sesudah maghrib hari Kamis (malam Jum’at), dan berakhir pada hari Jum’at sore menjelang maghrib. Kapan saja seorang muslim membaca surat Al-Kahfi, baik secara keseluruhan (yaitu 110 ayat) atau hanya membaca 10 ayat pertama atau 10 ayat terakhir dari surat tersebut dengan niat ikhlas karena Allah dan menghayati maknanya maka, ia mendapatkan keutamaan dan keagungan surat tersebut. Baik ia membacanya di rumah, di masjid, atau di tempat kerja dan di perjalanan. Wallahu a’lam bish-shawab.”

* * *

Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sumber:

(www.rumaysho.com) (www.konsultasisyariah.com) (iTauhid.com/telegram)

Leave a comment